Fasilitas Umum:

Bersamaan dengan IPB dijadikan sebagai universitas yang dikelola secara mandiri (IPB-BHMN) melalui Peraturan Pemerintah No. 154 tahun 2000, sejak tahun 2000 Fakutas Kedokteran Hewan IPB dipindahkan ke kampus baru di Darmaga Bogor, menempati komplek Kampus IPB Darmaga dengan fasilitas:

Gedung dan Ruang kelas

Gedung Fakultas FKH IPB terdiri dari komplek bangunan berlantai 4 (empat) dengan luas 18.000 meter persegi. FKH IPB persegi dilengkapi 1 (satu) ruang kelas besar berkapasitas 250 orang 3 (tiga) ruang kelas sedang berkapasitas 150 dan 8 (delapan) ruang kecil berkapasitas 60 orang. Seluruh ruang kelas telah dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan dan prasarana multimedia, papan tulis dan layar.

Perpustakaan

Perpustakaan FKH IPB memiliki luas 156 m persegi dan dilengkapi dengan pengatur suhu ruangan dengan bahan pustaka tidak kurang dari 4.000 judul dengan 5.500 kopi, yang meliputi buku teks, diktat, jurnak, majalah, skripsi, tesis, laporan penelitian dan lain-lain. Selain perpustakaan fakultas, setiap departemen di lingkungan FKH IPB mengkoleksi beberapa buku yang jumlah keseluruhannya mencapai sekitar 300 judul.

Rumah Sakit Hewan Pendidikan

RSH Pendidikan yang dimiliki IPB merupakan rumah sakit hewan yang memiliki sarana dan prasarana terlengkap dan terbaik di Indonesia, terdiri dari gedung 2 (dua) lantai, Fasilitas Poliklinik, Rawat Inap, Radiologi, Instalasi USG, EKG, Endoskopi, Ruang Bedah Hewan Besar dan Hewan Kecil. Di samping itu untuk menjaring jumlah kasus penyakit hewan untuk kepentingan pendidikan, RSH Pendidikan IPB juga memiliki Poliklinik hewan di Taman Kencana Bogor.

  • Unit Rehabilitasi Reproduksit (URR)
  • Unit Hewan Laboratorium
  • Rumah Potong Unggas
  • Unit Produksi vasksin dan Bahan Biologis
  • Unit Laboratorium Terpadu
  • Teaching Farm

Di samping fasilitas umum yang dikelola oleh fakultas, pada tiap departemen di lingkungan fakultas kedokteran hewan dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas sebagai berikut:

1. Departemen Anatomi Fisiologi dan Farmakologi (AFF)

Laboratorium bedah hewan; laboratorium histology; laboratorium embriologi dan kultur jaringan; ruang penyimpan dingin; laboratorium fisiologi, toksikologi dan farmakologi; ruang gelap; laboratorium manipulasi genetik, pembekuan oosit dan jaringan; laboratorium deteksi bahan aktif dan imunohistologi.

2. Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPHK)

Laboratorium diagnostik bakteri, virus, jamur, cacing parasit, protozoa dan ektoparasit; laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner untuk analisis keamanan dan kualitas pangan asal hewan (susu, dagig dan telor); laboratorium pengembangan bahan biologis; laboratorium pengujian vaksin, antibodi dan parasit; laboratorium komputer untuk analisa epidemiologis dan produksi multimedia.

3. Departemen Klinik, Reproduksi, dan Patologi (KRP)

Ruang kelas modern dilengkapi dengan sistem audio-visual; ruang nekropsi; laboratorium histopatologi; laboratorium kultur jaringan; laboratorium radiologi, ruang bedah hewan, unit produksi dan analisa semen, laboratorium farmasi, laboratorium, diagnostik, dll.