Sarana olah raga dan seni dikelola secara terpusat oleh Unit Olahraga dan Seni (Unit Orsen) IPB yang didirikan dalam rangka menunjang minat mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat di bidang olahraga dan seni. 

Fasilitas Olah Raga
Fasilitas olah raga yang tersedia meliputi: stadion sepakbola, atletik, futsal, bola voli, bola basket, badminton, fitness, beladiri, tenis meja, panahan, tenis lapangan, softball, sepeda, dan lain-lain. Sarana olahraga tersebut berupa lapangan indoor maupun lapangan outdoor.

Sarana Jalan dan Lari Pagi
Kampus IPB Dramaga merupakan lingkungan yang sangat nyaman untuk aktivitas olah raga pagi terutama jalan dan lari pagi di hari libur. Jalan yang mulus serta lingkungan yang hijau dan asri menambah kenikmatan jalan dan lari pagi untuk tujuan kesehatan, refreshing dan menghilangkan kepenatan di hari kerja. IPB setiap tahun juga menyelenggarakan kegiatan Jalan Pagi Sehat (JAPAS IPB) yang biasanya dihadiri oleh ribuan peserta dari kalangan sivitas akdemika dan masyarakat umum.

Fasilitas Kesenian
Sarana kesenian yang tersedia meliputi: perangkat band, paduan suara, kesenian daerah dan nasional. Sarana untuk kegiatan olahraga di IPB termasuk sangat lengkap, bahkan pada tahun 2006 dan 2008 IPB mendapat predikat sebagai Juara I Kampus Peduli Olahraga dan Kampus Peduli Partisipasi Olahraga dari Kementrian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Paduan Suara Mahasiswa IPB Agria Swara merupakan salah satu paduan suara terbaik di Indonesia yang telah memenangkan berbagai kejuaran baik di tingkat nasional dan internasional.