Layanan teknologi informasi disediakan secara terpusat oleh Direktorat Komunikasi dan Sistem Informasi (http://dksi.ipb.ac.id ). Saat ini seluruh kampus telah terkoneksi melalui Local Area Network (LAN) dan Metropolitan Area Network (MAN) dengan menggunakan berbagai media transmisi, seperti kabel Twisted-Pair (VTP/STP), kabel serat optik, dan near kabel.

Civitas akademika di IPB dapat mengakses layanan-layanan teknologi informasi baik dalam lingkup intranet maupun internet. Kecepatan transmisi data yang dimiliki saat ini untuk akses intranet adalah 100-1000 Mbps, sedangkan akses internet adalah 150 Mbps. Aplikasi yang digunakan untuk berbagai keperluan antara lain adalah dBase, Clipper, Visual Basic, ASP/PHP, MS-SQL Server 7.0, MySQL, MS Office, dan produk Microsoft lainnya yang telah berlisensi serta berbagai aplikasi sistem otomasi yang dibangun sendiri oleh IPB (SIMAK, KRS-online, Absensi, dan lain-lain). Layanan yang diberikan berbentuk Resource Sharing (e.g. File and Print Sharing), Email, Web, Chat, Mailing List, Discussion Groups, Multimedia Streaming, Video/Tele Conference, VoIP/IP Telephony/PABX, dan Voice Mail. Pengajaran dan diskusi jarak jauh dapat dilakukan fasilitas Vidio atau Teleconference.

Setiap sivitas akademika dapat menggunakan fasilitas untuk koneksi intranet maupun internet melalui mekanisme user access yang saat ini berlaku langsung untuk 4 tahun. Fasilitas User Access dapat digunakan untuk akses di Cyber Mahasiswa/Staf maupun di jaringan LAN/MAN IPB. Cyber Mahasiswa/Staf juga menyediakan layanan digital seperti CD Burning, Scanning Gambar, Foto Digital, Service dan lain-lain. Adapun lokasi Cyber Mahasiswa/Staf tersebar pada berbagai lokasi, yaitu:

1.    Cyber Mahasiswa Singkong (Manihot utilisima) untuk mahasiswa TPB yang berlokasi di Gedung Perpustakaan Lt. 4 Darmaga dengan jumlah komputer sebanyak 150 unit.
2.    Cyber Mahasiswa Padi (Oryza sativa) yang berlokasi di Gedung FKH Wing 2 Level 4  Kampus IPB Darmaga dengan jumlah komputer sebanyak  50 unit.
3.    Cyber Mahasiswa Jagung (Zea mays) yang berlokasi di Wing Rektorat Lt. 2 Kampus IPB Darmaga dengan jumlah komputer sebanyak 30 unit.
4.    Cyber Mahasiswa Merpati (Streptophilia turtur) yang berlokasi di Grha Widya Wisuda dengan jumlah komputer sebanyak ± 80 unit.
5.    Cyber Staf untuk dosen, staf administrasi serta mahasiswa pasca sarjana berlokasi di Gedung Rektorat Lt. 1 Kampus IPB Darmaga 

Fasilitas Situs Interaktif untuk mahasiwa dapat dilihat di http://student.ipb.ac.id/; dengan tema “IPB Goes to E”. Fasilitas ini dikembangkan sebagai sarana akademik online yang dapat diakses secara 24 jam oleh mahasiswa IPB, meliputi: fasilitas latihan ujian online, belajar matakuliah tertentu, e-mail mahasiswa dan lain-lain.

DKSI juga menyediakan fasilitas tambahan berupa IPB Mobile dalam bentuk:

1.  IPB SMS bagi sivitas akademika, orangtua, calon mahasiswa baru, stakeholders, alumni, dan masyarakat umum melalui operator seluler (GSM dan CDMA). Pengguna mendapatkan PIN dengan mengirim SMS ke 9333. Layanan ini bisa digunakan untuk mengetahui nilai TPB (per semester), hasil pemilihan mayor, jadwal perkuliahan, hasil seleksi mahasiswa baru, jadwal ujian, dan lain-lain.
2.  IPB News-Ticker berupa layanan berita IPB bagi seluruh masyarakat pengguna internet dalam  bentuk teks berjalan di layar komputer.