FKH IPB Tanda Tangani Perjanjian dengan College of Veterinary Medicine, SNU, Korea

FKH IPB  – Kamis (27/12/2018), sebanyak 13 delegasi dari College of Veterinary Medicine, Seoul National University (CVM SNU), Korea melakukan kunjungan ke Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB). Dekan (Prof. Hee-Jong Woo), Wakil Dekan bidang Perencanaan dan Riset (Prof. Je Kyung Seong), Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan (Prof. In Hyung Lee), dan beberapa Profesor dari berbagai bidang dari CVM SNU ikut serta dalam kunjungan tersebut.  Pertemuan kemarin dihadiri juga oleh Ketua dan Sekreataris Senat FKH, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Wakil Dekan bidang Sumberdaya Kerja sama dan Pengembangan, Direktur Eksekutif Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) FKH IPB, serta beberapa Ketua dan Wakil Ketua Departemen di lingkungan FKH IPB. Turut hadir pula Direktur Program Internasional IPB, Prof. Iskandar Z. Siregar, mewakili Pimpinan IPB.

Dekan FKH IPB menyampaikan presentasi seputar IPB dan Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Di dalam sambutannya, Prof Srihadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada CVM SNU atas dimulainya upaya kerja sama melalui penandatanganan perjanjian, Memorandum of Agreement (MoA), antara FKH IPB dan CVM SNU.  Secara bergantian, Prof. Hee-Jong Woo, Dekan CVM SNU juga mengucapkan terima kasih kepada FKH IPB atas kerja sama yang dibangun. Prof Woo menambahkan, kerja sama riset yang ingin dibangun oleh College of Veterinary Medicine SNU terutama riset yang terkait dengan satwa liar (genetic, genom, wildlife diseses, zoonoses). Pemaparan tayangan seputar College of Veterinary Medicine, SNU juga disampaikan oleh Wakil Dekan bidang Perencanaan dan Riset (Associate Dean for Planning and Research), Prof. Je Kyung Seong. Menurut Prof. Seong, secara historis, ada kemiripan antara FKH IPB dan CVM SNU, yaitu sama-sama diinisiasi pada awal tahun 1900-an dan pernah mengalami periode sekolah kedokteran hewan pada jaman pendudukan Jepang.

Prof. Woo menambahkan, kerja sama riset yang ingin dibangun oleh College of Veterinary Medicine SNU terutama riset yang terkait dengan satwa liar (genetic, genom, wildlife diseses, zoonoses).

Pada kesempatan tersebut, berlangsung agenda utama penandatanganan Perjanjian  dalam bidang akademik dan penelitian antara FKH IPB dengan CVM SNU. Prof. Srihadi Agungpriyono, selaku Dekan FKH IPB, dan Prof. Hee-Jong Woo, selaku Dekan CVM SNU melakukan penandatanganan MoA tersebut. Perjanjian yang ditandatangani kedua belah pihak tersebut mencakup beberapa poin, antara lain terkait dengan kegiatan pertukaran dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa; kerja sama dalam kegiatan penelitian; pertukaran informasi terkait publikasi dan materi pembelajaran; serta kerja sama lainnya terkait akademik yang disepakati kedua belah pihak.

Seperti kita ketahui, Seoul National University merupakan universitas terbaik di Korea, dengan ranking 36 versi QS World University Ranking tahun 2018. Prof. Srihadi berharap agar kerja sama antara FKH IPB dan CVM SNU, Korea, bisa direalisasikan dalam waktu dekat, aktivitas di dalamnya dapat meningkatkan reputasi FKH IPB di kancah regional bahkan internasional (ddc).

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *