FK-Hewan-IPB
  1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer>

Berita

  • Beasiswa PMDSU 2015 Kedokteran Hewan IPB -

    Beasiswa program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) merupakan salah satu Program Beasiswa dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jumlah lulusan strata doktoral di Indonesia untuk peningkatan dan percepatan kualitas pendidikan nasional. Beasiswa diperuntukkan bagi lulusan sarjana dengan kualitas dan kompetensi terbaik dibidang-nya yang berorientasi manjadi calon dosen Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Kandidat terdaftar dalam major Sekolah Pascasarjana (SPs) Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam strata Magister (S2) dan dalam perjalanannya akan diakselerasi menjadi Doktoral (S3) dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dalam panduan program.

    Persyaratan: Program PMDSU dibuka untuk kandidat yang telah menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana (S1) berbasis kedokteran hewan maupun calon Dokter Hewan (Drh) dengan kualifikasi dan motivasi tinggi dari seluruh Indonesia. Kandidat harus minimal sudah memperoleh gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH) atau dokter hewan (Drh) dan ingin melanjutkan ke jenjang pascasarjana di Institut Pertanian Bogor bidang Ilmu Kedokteran Hewan. Indeks prestasi kumulatif (IPK) jenjang sarjana kedokteran hewan (SKH) minimal 3,25.

  • Peringatan World Rabies Day 2014 -

    BOGOR, fkh.ipb.ac.id - Minggu (19/10) mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Kedokteran Hewan Indonesia (IMAKAHI) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FKH IPB memperingati hari rabies seluruh dunia (World Rabies Day) yang jatuh tanggal 28 September. Acara ini merupakan kerjasama antara IMAKAHI FKH-IPB, BEM  FKH-IPB,  Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Cabang Jawa Barat II, dan Center for Indonesian Veterinary Analytical Studies (CIVAS) dengan tema “Together Againts Rabies”.  Peringatan World Rabies Day tahun ini mendapat dukungan dari Dinas Pertanian Kota Bogor, Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, PT Zoetis, dan PT Tunas Daya Veteriner.

     

  • Kuliah dan Kunjungan ke Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU) Himpro Ornithologi dan Unggas -

    BOGOR, fkh.ipb.ac.id - Himpunan Minat dan Profesi (HIMPRO) Ornithologi dan Unggas bersama Dewan Keluarga Musholla (DKM) An-Nahl mengadakan kegiatan kuliah dan kunjungan  ke Rumah Potong Hewan Unggas (RPHU).  Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 1 November 2014 diikuti oleh mahasiwa FKH IPB angkatan 48, 49 dan 50. Selain untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi mengenai manajemen rumah potong hewan, acara ini juga merupakan langkah awal mempersiapkan dan membentuk calon dokter hewan yang berkompetensi tinggi dalam bidang perunggasan.

  • Mahasiswa FKH IPB Peringati Hari Ayam dan Telur Bersama Warga Sukawening, Bogor -

    BOGOR, fkh.ipb.ac.id - Himpunan Minat dan Profesi (HIMPRO) Ornithologi dan Unggas mengadakan acara pengabdian kepada masyarakat untuk memperingati Hari Ayam dan Telur (HAT) pada hari Minggu (19/10 2014) di Desa Sukawening, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Desa Sukawening merupakan desa binaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang ternaung dalam program Bina Desa FKH IPB.

     

  • Seminar “Bulls Selection” -

    BOGOR, fkh.ipb.ac.id. Seminar akademik tentang proses penyeleksian sapi pejantan di Indonesia oleh Dr. John Bertram dari Meat and Livestock Australia dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Hewan (11/4 2013). Materi yang disampaikan berjudul "Selecting bulls to improve beef production in Indonesia". Peserta yang hadir hingga lebih dari 130 orang yang berasal dari berbagai latar belakang seperti dari Balai Inseminasi Buatan Cipelang, Dosen FKH, dosen FAPET, mahasiswa PPDH FKH, mahasiswa S1 FKH dan FAPET IPB.

English

Konsep One Health Harus Melibatkan Multi Disiplin

2 Mei 2012. Pendekatan konsep One Health untuk kesiapan dunia (global) dalam menghadapi bahaya penyakit pandemik (emerging dan reemerging diseases) haruslah melibatkan multi disiplin. Demikian rangkuman dari kuliah umum di Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang mengahadirkan dua pembicara  luar negeri, yakni Jennifer Steele, DVM, PhD dari Tufts Cummings School of Veterinary Medicine dan Linda Olson Keller, DNP, RN, APHN-BC, FAAN dari University of Minnesota, Amerika Serikat. Kuliah umum, yang dilaksanakan tepat pada hari pendidikan nasional ini, dihadiri oleh dosen, mahasiswa tingkat sarjana dan mahasiswa PPDH.

Dr. Jenny mengawali kuliah umum dengan memperkenalkan lembaga USAID yang mendanai program Emerging Pandemic Threats (EPT), yang salah satu diantaranya ialah proyek RESPOND di kawasan Asia Tenggara. Proyek RESPOND belum lama ini telah mendukung pengembangan jaringan kerjasama One Health antar Universitas se-Asia Tenggara atau yang disingkat SEAOHUN (South East Asia One Health University Network). Institut Pertanian Bogor, dalam hal ini Fakultas Kedokteran Hewan, merupakan salah satu anggota sekaligus pendiri dari SEAHOUN, bersama dengan 13 fakultas lainnya di Asia Tenggara.

Selanjutnya, pada sesi kedua, Dr. Linda menjelaskan konsep One Health dan latar belakang pengembangan pendekatan One Health terkait penyakit-penyakit zoonosis pada semua disiplin bidang ilmu dan keprofesian. Pembicara menekankan pada contoh-contoh kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan pendekatan One Health, termasuk di dalamnya hubungan kerjasama dan perubahan paradigma atau pola pikir dari setiap unsur yang terlibat.

Untuk wilayah Indonesia, FKH IPB merupakan salah satu dari empat fakultas yang ada di Indonesia yang menjadi anggota SEAOHUN, yakni FK UGM, FKH UGM, FKH IPB, dan FKM UI. Keempat fakultas ini yang selanjutnya akan membuat jejaring dengan fakultas-fakultas lain yang ada di seluruh Indonesia, melalui Indonesian One Health University Network (INDOHUN) yang akan dideklarasikan di Bali pada 3-5 Mei 2012 nanti. Karena bersifat multi disiplin, pendekatan One Health akan melibatkan tidak hanya fakultas kedokteran umum, kedokteran hewan, atau kesehatan masyarakat akan tetapi juga fakultas-fakultas lain seperti biologi, manajemen, komunikasi, sosial etnik dan lain sebagainya. Dengan melibatkan multi disiplin ini penanganan penyakit pandemik dunia bisa dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi.

Fakultas Kedokteran Hewan

Internal Link IPB

Eksternal LINK

Agenda

Berita Sebelumnya