Internal Link IPB

Eksternal LINK

Perekrutan di Kampus: Lima Bidang Pekerjaan yang Paling Diminati Dokter Hewan Lulusan FKH IPB

 

Bogor, 13 April 2013. Dua perusahaan nasional, PT SHS Internasional dan PT Indovetraco Makmur Abadi (IMA), yang bergerak di bidang obat hewan di bawah grup Charoen Pokphand Indonesia telah melakukan perekrutan di Kampus Dramaga FKH IPB Rabu (10/10). Proses perekrutan diikuti 40-an dokter hewan yang baru lulus yang akan di wisuda dan diambil sumpah pada 24-25 April 2013 serta calon dokter hewan yang direncanakan akan lulus September tahun ini. Proses meliputi pemaparan profil perusahaan (mulai dari industri hulu sampai dengan hilir), pengisian formulir peminatan, psikotes, dan wawancara.

Menurut Dr. Trioso Purnawarman, Sekretaris Fakultas FKH IPB, yang diwawancarai setelah proses rekrutmen menyatakan ada lima bidang kerja yang paling diminati oleh dokter hewan lulusan FKH IPB. Pertama, bekerja sebagai dokter hewan praktisi, yaitu praktek dokter hewan di rumah sakit dan klinik hewan. Kedua, bekerja sebagai PNS di pemerintahan, meliputi dinas peternakan dan kesehatan hewan, karantina dan bidang-bidang terkait lainnya. Ketiga, bekerja sebagai dokter hewan mandiri di berbagai bidang seperti peternakan sapi perah, unggas, breeding farm, dan kuda (stable). Keempat, bidang pangan asal hewan, misalnya di perusahaan pengolahan susu, daging dan produk olahan, rumah potong hewan, serta Fast Food sebagai Quality Control dan Quality Insurance. Dan kelima, bekerja sebagai TS (Technical Service) di berbagai perusahaan obat hewan dan produk farmasi lain.

Perekrutan dihadiri langsung jajaran pimpinan perusahaan, yaitu mulai dari direktur HRD, kepala divisi obat hewan dan manajer pemasaran sampai dengan supervisor technical service. Setelah proses recruitment, beberapa kandidat yang potensial untuk bergabung dengan perusahaan akan dipanggil nantinya langsung ke Kantor Pusat di Jakarta.

Sebelumnya pada akhir bulan Maret 2013, Perusahaan Sierad Porduce juga telah melakukan perekrutan dan diikuti oleh 14 dokter hewan FKH IPB yang baru lulus untuk bekerja di bidang Divisi Breeding dan Hatchery serta Divisi Obat Hewan.

Perekrutan di kampus yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini merupakan rangkaian perekrutan yang telah dilakukan sebelumnya di beberapa fakultas kedokteran hewan lain di pulau Jawa. Dalam hal ini, perekrutan yang diadakan di FKH IPB juga merupakan rangkaian kegiatan "Wisuda" dan "Pengucapan Sumpah Dokter Hewan" 24-25 April 2013.

Dalam lima tahun terakhir, terdapat kecenderungan penurunan minat dokter hewan untuk bekerja di bidang perusahaan obat, padahal bekerja sebagai TS (technical service) tidak hanya selalu berususan dengan pemasaran, tetapi juga berkaitan erat dengan pelayanan di bidang medis veteriner. Terdapat kekhawatiran kelangsungan estafet dari tenaga dokter hewan senior dengan junior penerusnya jika keadaan ini terus berlangsung. Oleh karena itu, perekrutan dikampus merupakan upaya perusahaan untuk menjaring dokter hewan potensial lebih awal untuk bekerja di bidang perusahaan obat dan bidang terkait lainnya. [Anto]