Inovasi Mahasiswa: Krim Antimiasis Menggunakan Ekstrak Biji Bengkuang

Lima orang mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor mengembangkan inovasi obat hewan antimiasis CREAMY yang mengandung ekstrak biji bengkuang. Rina Astuti, Yoga Rivaldi, Nabillah Ananda Sakinah, Annisa Zikriatin Nafilah, dan Seftian Syahri Putra bergabung dalam satu tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan di bawah bimbingan Dr Drh Aulia Andi Mustika, MSi. Inovasi krim antimiasis tersebut terpilih sebagai salah satu dari ribuan proposal dan mendapat hibah dana dari Kemristekdikti.

Rina, selaku ketua tim, menyatakan bahwa inovasi ini berawal dari keresahan terhadap penyakit miasis (belatungan akibat larva lalat) yang dapat menyebabkan stres pada hewan, sehingga menurunkan tingkat produktivitas hewan tersebut. Selama ini, kebanyakan peternak menggunakan obat anti miasis komersial yang disemprotkan untuk mengatasi penyakit ini. Produk komersial ini relatif mahal untuk ukuran para peternak, terutama peternak kecil. Hal ini tentu perlu dicarikan solusi alternatif bagi pengobatan miasis.

CREAMY, krim antimiasis, hadir untuk menjawab kebutuhan peternak terhadap produk obat yang efektif namun secara harga tetap ekonomis. CREAMY diformulasikan dalam bentuk krim yang mengandung ekstrak biji bengkuang (Pachyrrhizus erosus). Ekstrak biji bengkuang mengandung bahan aktif rotenon yang berfungsi sebagai biopestisida sehingga efektif untuk pemberantasan miasis. Biji bengkuang dipilih sebagai salah satu bahan utama untuk pemanfaatan limbah biji bengkuang yang saat ini belum banyak dimanfaatkan.

Selain ditujukan untuk hewan ternak, CREAMY juga sedang dikembangkan untuk hewan kesayangan. CREAMY juga berkhasiat untuk menyembuhkan luka luar.

“Produk ini bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka pada hewan kesayangan, seperti anjing dan kucing,” papar Rina.

Saat ini, tim PKM Kewirausahaan dari FKH ini sedang mematangkan persiapan untuk mengikuti monitoring dan evaluasi (monev) eksternal dari Kemristekdikti. Tahap monev ini menjadi salah satu penilaian untuk menuju ke ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) XXX di Makassar bulan Agustus 2017.

Bagi yang berminat terhadap produk CREAMY, dapat diperoleh dengan harga Rp. 30.000,- (kemasan 20 gram) dengan menghubungi tim PKM: HP/WA +62 812 5454 0200 (Yoga Rivaldi), Instagram: @creamy_ipb, Line@: http://line.me/ti/p/%40qlr472x, Email: official.creamy5@gmail.com. [KM]

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *