Himpro Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik Eksotik

Himpro Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik Eksotik

HKSA pertama kali didirikan oleh angkatan 32, Geniculum, Himpro HKSA tercetus dari mahasiswa-mahasiswa kedokteran hewan yang memiliki peminatan profesi di bidang hewan kecil, kuda, dan satwa akuatik eksotik.

Logo yang menjadi simbol dari HKSA dibuat pada tahun 2006, dengan menggunakan 5 hewan sebagai representasi dari peminatan HKSA, yaitu anjing, kucing, dan kuda yang menghadap ke arah yang sama sebagai satu visi. Ikan yang berenang sebagai tanda organisasi yang dinamis, ular di kedua sisi sebagai lambang keseimbangan. Warna yang dipilih adalah “orange”, karena mencerminkan ciri khas himpro HKSA yaitu persahabatan.

Merespon sistem mayor minor yang digunakan IPB, tahun 2006, HKSA memulai sistem kuliah tersertifikasi (Basic, Intermediate, Advance) dan ujian sertifikasi pada tahun 2009. Dengan begitu anggota akan mendapat pengetahuan dan ilmu lebih mengenai profesi kedokteran hewan yang mencakup bidang hewan kesayangan dan satwa akuatik eksotik.

Himpro HKSA memiliki 8 divisi yang dibagi kedalam 3 divisi kehewanan dan 5 divisi non kehewanan. Divisi kehewanan memiliki beberapa kegiatan yang berhubungan langsung dengan hewan, kegiatan meliputi kuliah, praktikum dan kunjungan  ke lokasi pembudidayaan masing masing hewan. Divisi kehewanan meliputi divisi hewan kecil, divisi kuda, dan divisi satwa akuatik dan eksotik. Divisi non kehewanan, berperan dalam mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh himpro HKSA. Divisi non kehewanan meliputi divisi pendidikan, divisi kewirausahaan, divisi infokom, divisi internal, dan divisi external.