Himpro Ruminansia

Himpro Ruminansia

Himpunan Mahasiswa Profesi Ruminansia (HIMPRO RUMINANSIA) FKH IPB merupakan salah satu kelembagaan yang secara legalitas diakui keberadaannya dalam struktur Keluarga Mahasiswa IPB. Himpunan Mahasiswa Profesi Ruminansia FKH IPB  dibentuk dalam rangka memfasilitasi minat mahasiswa kedokteran hewan IPB untuk mempelajari hewan ruminansia. Himpunan  Mahasiswa Profesi Ruminansia FKH IPB  memiliki bidang dan ranah kegiatan pengembangan pendidikan, pelatihan, pengkajian, dan penelitian  ternak ruminansia. Lembaga ini membentuk mahasiswa kedokteran hewan yang terampil, intelek di bagian ternak ruminanisa, kritis, analitis, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab. Fokus Himpro Ruminansia adalah pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan pendidikan keprofesian.

Untuk memudahkan dalam menjalankan fungsi organisasinya, kepengurusan Himpro Ruminansia dibagi menjadi beberapa divisi, yaitu Badan Pengurus Harian (BPH), Divisi Internal, Divisi Eksternal, Divisi Pendidikan, Divisi Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), Divisi Kewirausahaan. Himpro Ruminansia juga memiliki berbagai clan yang bertujuan untuk memudahkan fokus pembelajaran dari jenis-jenis hewan ternak ruminansia. Clan tersebut terdiri atas Clan Sapi Potong, Clan Sapi Perah, Clan Kerbau dan Clan Domba dan Kambing.

 

Visi Himpro Ruminansia adalah:

Terciptanya generasi madani yang mampu berpikir kritis dan berjiwa besar yang berlandaskan kecintaan terhadap sesama, alam raya dan lingkungannya

 

Misi Himpro Ruminansia adalah:

  1. Memahami AD/ART Himpro Ruminansia FKH IPB
  2. Mengerti cara berorganisasi dan manfaatnya bagi masa depan
  3. Memperkenalkan lebih dekat tentang alam semesta khususnya ternak ruminansia
  4. Mengembangkan kemampuan dan keahlian yang didapat ataupun tidak di bangku perkuliahan
  5. Mampu menerapkan segenap ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah untuk dimanfaatkan kepada masyarakat luas
  6. Memupuk jiwa sosial dan cinta lingkungan

 

Himpro Ruminansia FKH IPB mempunyai tujuan yaitu, membentuk manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki wawasan yang luas, integritas tinggi, dan kepribadian serta kepekaan sosial. Meningkatkan minat dan keinginan mahasiswa untuk mempelajari ternak rumianansia. Mempersiapkan tenaga yang terampil, intelek, kritis, analitis, inovatif, kreatif, dan bertanggung jawab. Meningkatkan prestasi mahasiswa baik dalam akademik maupun ekstrakurikuler. dengan demikian dapat berpera aktif dalam meningkatkan kualitas ternak ruminansia dan produksinya

 

Himpro Ruminansia berfungsi sebagai:

  1. Media komunikasi mahasiswa FKH dan IPB;
  2. Wadah pengabdian masyarakat;
  3. Wadah pengembangan pendidikan, pelatihan, pengkajian, dan penelitian bagi mahasiswa FKH maupun IPB;
  4. Wadah peningkatan mutu ternak ruminansia dan produksinya
  5. Wadah pengembangan jiwa keorganisasian dan kepemimpinan

 

Program kerja unggulan:

Pengembangan keilmuan dan pengetahuan terkait hewan ruminansia bidang kedokteran hewan, magang kerja liburan semester, ruminers goes to field, kontes ternak, dan program pendukung berupa penguatan internal  Himpro Ruminansia FKH IPB sendiri.