Himpro Satwaliar

Himpro Satwaliar

Himpunan Mahasiswa Profesi Satwaliar (Himpro Satli) merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan dan praktis mengenai kesehatan satwa liar serta medik konservasi. Organisasi Mahasiswa ini berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran Hewan dan juga IPB sebagai organisasi yang resmi dan memiliki Anggaran Dasar serta Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Himpro Satli memiliki tujuan yaitu menambah pengetahuan dan keterampilan anggotanya mengenai ruang lingkup kesehatan satwa liar dan juga medik konservasi.

Satwa liar yang dipelajari di Himpro Satli mengacu pada UU RI no. 5 tahun 1990 yang berbunyi “Satwa liar adalah semua binatang yang hidup di darat, air, dan/atau udara yang masih memiliki sifat liar, baik yang hidup bebas maupun dipelihara manusia”. Pengetahuan mengenai medik konservasi juga diatur dalam undang-undang tersebut yang berbunyi “Medik konservasi adalah penerapan medik veteriner dalam penyelenggaraan kesehatan hewan di bidang konservasi satwa liar”. Kedua hal ini merupakan landasan hukum yang diacu oleh Himpro Satwaliar.

Himpro Satwaliar memiliki perangkat-perangkat untuk mencapai tujuannya, yaitu BPH, divisi, dan cluster. BPH terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara. Divisi yang dimiliki Himpro Satwaliar untuk mencapai tujuan keorganisasiannya ada empat, yaitu Divisi Internal, Divisi Eksternal, Divisi Pendidikan, dan Divisi Informasi dan Komunikasi. Sedangkan cluster merupakan perangkat untuk mendukung kepeminatan serta untuk mencapai fokus pengetahuan yang diharapkan oleh anggota, ada enam yaitu Wild Carnivore, Wild Herbivore, Wild Ornith, Wild Aquatic, Primate, dan Herpet.