Sejarah

Sorcherry riding club (SRC) merupakan sebuah komunitas mahasiswa IPB pecinta kuda yang berpusat di Unit Rehabilitasi Reproduksi, Fakultas Kedokteran Hewan IPB. Nama Sorcherry berasal dari kata “sor” yang dalam bahasa jawa berarti “di bawah”, sedangkan “cherry” adalah nama sebuah pohon “kersen/keres”, jadi sorcherry merupakan sebuah klub berkuda yang berada di bawah pohon cherry. SRC berdiri pada tanggal 02 Oktober 2010, merupakan kelanjutan dari program kreativitas mahasiswa (PKM) di bidang pengabdian masyarakat dengan tema “Hypotherapy Autisme” yang dilaksanakan oleh mahasiswa FKH IPB angkatan 44. Berdirinya SRC dirintis oleh Danang Yulianto, S.Pt, M.Si dan dibawah bimbingan drh. Amrozi, Ph.D.

Keanggotaan

Sorcherry Riding Club memiliki anggota yang berasal dari berbagai fakultas di IPB baik dari mahasiswa TPB (tingkat pertama) hingga tingkat akhir.  Penerimaan anggota baru biasanya dilakukan pada bulan Maret-April setiap tahunnya. Kegiatannya tidak hanya sekedar menunggang kuda saja, akan tetapi juga dalam berbagai kegiatan yang dapat memberikan keterampilan atau softskill lainnya kepada para anggota. Kegiatan rutin dilakukan setiap hari, dengan jadwal yang telah tersusun, mulai dari kegiatan piket kandang, perawatan kuda, latihan berkuda, pemberian pakan dan piket malam. Seorang anggota SRC tidak hanya mendapatkan keterampilan dalam olahraga berkuda akan tetapi juga banyak mendapatkan wawasan dan pengalaman mengenai manajemen kandang, manajemen pakan, kesehatan, dan perawatan kuda yang baik.

Anggota SRC memiliki kesempatan mengikuti program pelatihan menunggang kuda, mulai dari teknik dasar yang diberikan pada anggota baru hingga teknik “show jumping” dan “dressage” yang diberikan pada anggota yang telah menguasai semua teknik dasar. Pelatihan menunggang kuda dibimbing oleh pelatih yang berasal dari Pegasus Stable dan juga oleh kakak angkatan yang telah lebih dulu menguasai teknik yang baik dalam menunggang kuda.

SRC juga melayani pelatihan menunggang kuda untuk masyarakat umum atau di sebut ‘member’, yang dilakukan satu minggu sekali dengan jadwal yang telah disepakati. Biaya atau ketentuan pendaftaran untuk menjadi ‘member’ akan diinformasikan pada saat mulai dibuka pendaftaran menjadi member.

SRC memiliki sebuah jargon yang menjadi semangat bagi anggotanya. Jargon tersebut yaitu “Keep The Riding Spirit”, agar semangat seorang rider selalu bergema di hati semua anggotanya.

Kegiatan

Sorcherry Riding Club memiliki kegiatan yang terdiri dari kegiatan di dalam kandang (di URR) dan di luar kandang. Selain itu, anggota SRC juga aktif dalam mengikuti pecan kreativitas mahasiswa (PKM) yang diadakan setiap tahunnya. Kegiatan di dalam kandang atau tepatnya di Unit Reproduksi dan Rehabilitasi ini terdiri dari kegiatan manajemen kandang, manajemen pakan, perawatan kebersihan dan kesehatan kuda, riding horse serta kuliah angggota. Sedangkan kegiatan diluar kandang yaitu kegiatan magang dan mengikuti perlombaan/kejuaraan.

Kegiatan di dalam kandang biasa disebut sebagai piket kandang. Piket kandang dilakukan sebagai pembelajaran terhadap manajemen kandang yang baik, perawatan kuda dan melatih kedisiplinan anggota. Kegiatan piket kandang meliputi pembersihan kotoran (feses), grooming kuda, dan pencucian peralatan paka yang dilakukan setiap pagi mulai dari pukul 06.00 hingga pukul 07.00 pada hari senin hingga sabtu. Pada hari minggu semua anggota berkumpul dan merupakan piket bersama agar perawatan kandang dan kuda dapat lebih maksimal serta untuk mempererat kekompakan antar sesama anggota. Selain itu, kegiatan pengobatan dilakukan jika ada kuda yang sakit dan merawatnya hingga sembuh.

Riding horse atau olahraga berkuda merupakan latihan mengenai teknik-teknik menunggang kuda meliputi teknik mengendalikan kuda untuk berjalan (walk), trot, center dan juga teknik show jumping serta dressage. Latihan dilakukan satu kali dalam seminggu bagi tiap anggota dan dilaksanakan dari hari selasa hingga minggu.

Kegiatan diluar kandang meliputi magang dan keikutsertaan dalam perlombaan/kejuaraan. Magang telah dilaksanakan rutin setiap tahunnya. Lokasi magang yang utama sebagai pelatihan dasar menunggang dan manajemen kesehatan bagi setiap anggota baru adalah magang di Detasemen Kavaleri Berkuda (DENKAVKUD) TNI-AD yang berlokasi di Parongpong, Kab. Bandung Barat. Kegiatan magang ini biasanya dilaksanakan saat libur semester selama 3 minggu. Kegiatan magang lain juga biasa diadakan lokasi berbeda misalnya di Pegasus Stable, Bogor. Kegiatan magang di Pegasus Stable lebih difokuskan untuk mempelajari  lebih mendalam mengenai teknik show jumping.

Sorcherry Riding Club dalam perjalanannya telah mengikuti berbagai kejuaraan di bidang equestrian yang meliputi kejuaraan show jumping, dressage maupun rally baik antar mahasiswa, nasional hingga kejuaraan internasional.

Prestasi

Prestasi yang telah dicapai mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam Sorcherry Riding Club (SRC) diantaranya:

  1. Juli 2011 di Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong, Jawa Barat: Juara 2 di kelas Endurance 7,5 kilometer; Juara 2 di kelas Jumping 50-70 cm,
  2. Februari 2012 di Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong, Jawa Barat: Juara 2 di kelas Jumping 50-70 cm; Juara di kelas Jumping Clear Round, Juara 3 di kelas Dressage Walk Trot Senior,
  3. Pertandingan Berkuda BHLC-JHLC di Pegasus Stable, Kinasih, Sukabumi, Jawa Barat: Juara 2 di kelas Jumping 30-50 cm, Juara 2 di kelas Jumping 50-70 cm
  4. Februari 2013 di Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong, Jawa Barat: Juara 1 di kelas Jumping 50-70 cm; Juara 4 di kelas Jumping 50-70 cm,
  5. Maret 2013 di Jakarta Perkumpulan Equestrian Center (JPEC), Sentul, Bogor, Jawa Barat: Juara 2 di kelas Jumping 50-70 cm; Juara 1 di kelas Dressage Walk Trot Senior 30-50 cm; Juara 2 di kelas Jumping 50-70 cm; Juara 3 di kelas Jumping 70-90 cm,
  6. September 2013 di Pegasus Stable, Kinasih, Sukabumi, Jawa Barat: Juara 4 di kelas jumping 50-70,
  7. Februari 2014 di Detasemen Kavaleri Berkuda (Denkavkud), Parongpong, Jawa Barat: Juara 1 di kelas jumping 30-50, Juara 3 di kelas jumping 30-50, Juara 1 di kelas walk trot senior,

Salah satu prestasi yang membanggakan adalah mengikuti kejuaraan International Show Jumping Johor Horse Show, Johor, Malaysia. Kejuaraan ini merupakan kejuaraan berkuda antar mahasiswa tingkat internasional yang dilaksanakan di Universiti Teknologi Malaysia, Johor Malaysia. Acara ini meliputi show jumping, dressage, dan endurance. Negara yang berkontribusi pada kejuaraan ini adalah Malaysia (tuan rumah), Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Hongkong, Korea Selatan, Taiwan dan Australia. Indonesia diwakili oleh Hazar Sukareksi dan Denny Sapto yang merupakan mahasiswa dari perwakilan SRC IPB dan drh. Budhy Jasa Widyananta sebagai manajer.

Meski SRC baru menginjak 5 tahun sejak pertama kali dirintis, akan tetapi klub ini telah dapat menorehkan prestasi hingga internasional. Hal ini tentu menjadi suatu hal yang membanggakan dan menjadi semangat untuk dapat memberikan hal yang lebih baik lagi bagi SRC dan IPB. Keep the Riding Spirit! [Iga Mahardi]

Contact:

Sekretariat :

Unit Reproduksi dan Rehabilitasi (URR)

Fakultas Kedokteran Hewan  IPB

Jl.  Kayu Manis Kampus IPB Darmaga, Bogor 16680