Unit Kesehatan Ambing (UKA) adalah satuan unit akademik yang dibentuk oleh Bagian Kesehatan Masyarakat Veteriner, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor.  UKA didirikan sejak tahun 2008 sebagai suatu bentuk dedikasi keilmuan dari pihak perguruan tinggi untuk dapat meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah melalui program pengendalian mastitis dan upaya membantu pemerintah meningkatkan produksi susu Indonesia.

Organisasi

Ketua UKA adalah Mirnawati B. Sudarwanto, Prof., Dr. med.vet., drh, guru besar dalam bidang higiene susu terutama mengenai mastitis subklinis yang telah dikenal oleh masyarakat peternak, pemerintah dan pelaku industri persusuan.   Adapun sumberdaya yang menggerakkan UKA serta merupakan staf pengajar di Bagian Kesmavet FKH IPB antara lain: Trioso Purnawarman, Dr., M.Si, drh; Abdul Zahid Ilyas, M.Si, drh; Denny W. Lukman Dr. med.vet., M.Si, drh; Etih Sudarnika, Dr., M.Si, Ir.; Hadri Latif, Dr. med.vet., M.Si, drh; Chaerul Basri, M.Epid., drh; dan Herwin Pisestyani, M.Si. drh.

Peran

Peranan UKA antara lain; dalam bidang pengujian kualitas susu segar secara mikrobiologik dan fisik serta berperan dalam pengujian residu antibiotika.  UKA juga berperan dalam pengujian mastitis subklinis dan menentukan jenis terapinya yang tepat.  Dalam bidang epidemiologi penyakit mastitis subklinis, UKA berperan dalam menyajikan data hasil penelitian dan analisa data epidemiologi mengenai kesehatan ambing.  Untuk perwujudan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian terhadap masyarakat maka UKA mengambil peran dalam meningkatkan pengetahuan peternak sapi perah mengenai pencegahan, pengobatan dan pengendalian mastitis subklinis.

Kegiatan

  1. Pendidikan, meliputi pelatihan pengujian mastitis subklinis di lapangan dan di laboratorium, pelatihan analisa data.
  2. Penelitian, meliputi penelitian kesehatan ambing dan mastitis subklinis.  UKA siap melakukan kerjasama penelitian baik dengan lembaga penelitian, lembaga pendidikan maupun instansi lainnya di bidang peternakan dan kesehatan hewan khususnya yang berkaitan dengan kesehatan ambing ternak perah.
  3. Pengabdian masyarakat, meliputi jasa pemeriksaan mastitis subklinis, penyuluhan, jasa konsultasi dan jasa analisa data epidemiologi dari kasus yang berkaitan dengan kesehatan ambing.

Layanan jasa

  1. Pengujian Mastitis Subklinis, terdiri atas
    1. Pengujian secara langsung menggunakan IPB-1 Mastitis
    2. Pengujian secara tidak langsung dengan menggunakan metode Breed
    3. Resistensi mikroorganisme terhadap antibiotika (penentuan jenis terapi)
  2. Pengujian Mikrobiologik, terdiri atas
    1. a. Total Plate Count
    2. b. Staphlococcus aureus
    3. c. Streptococcus agalactiae
    4. d. Coliform
    5. Kapang dan Khamir
  3. Pengujian fisik, terdiri atas
    1. Berat jenis
    2. Kadar lemak
    3. Kadar protein
    4. Bahan Kering
    5. Bahan Kering Tanpa Lemak
  4. Pengujian pemalsuan susu, terdiri atas
    1. Uji pemalsuan susu terhadap penambahan susu masak
    2. Uji pemalsuan susu terhadap penambahan karbohidrat
    3. Uji pemalsuan susu terhadap penambahan karbonat
  5. Pengujian kesegaran susu, terdiri atas
    1. Uji alkohol
    2. Uji didih
    3. pH

Kontak Kami

UKA siap melayani  masyarakat peternak, akademisi, peneliti, pemerintah dan stakeholder di bidang persusuan dari hari Senin sampai dengan Kamis, pukul 09.00-15.00 WIB.

Sekretariat UKA bertempat di Gedung FKH IPB lantai 4, wing 5 dan 6, jalan Agatis Kampus IPB Dramaga Bogor 16680. Telp/Faks: (0251) 8625588, Email: ukafkhipb@ymail.com.