Tiga Mahasiswa FKH IPB Ikuti Program Global Korea Scholarships 2018

FKH IPB – Sebanyak tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB, yaitu Gita Angelica Utama, Albertus Rheza Deniswara dan Fitra Yovita Delviona Piliang terpilih untuk mengikuti Global Korea Scholarships (GKS) 2018 for ASEAN countries’ Science and Engineering Students. Global Korea Scholarships (GKS) 2018 for ASEAN countries’ Science and Engineering Students merupakan suatu program jangka pendek yang diselenggarakan dan dibiayai oleh pemerintah Korea dan National Institute for International Education (NIIED) yang dirancang untuk memberikan pelatihan akademik yang mendalam di bidang sains dan teknik melalui sistem perkuliahan di beberapa universitas yang terdaftar. Program ini diikuti oleh 10 negara ASEAN (Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia,  Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam) dan 5 universitas yang terpilih (Chosun University, Chung-Ang University, Chungnam National University, Keimyung University, Kyung Hee University). Program ini dilaksanakan dari tanggal 16 Juli 2018 hingga 17 Agustus 2018 (5 minggu) dan menawarkan pembiayaan secara penuh.

Ketiga mahasiswa FKH IPB yang ikut dalam program ini mengikuti kegiatan perkuliahan dan praktikum di bagian Animal and Dairy Science, Faculty of Agriculture and Life Science, Chungnam National University (CNU) di kota Daejeon, Korea Selatan bersama dengan 17 delegasi lainnya dari berbagai negara anggota ASEAN dengan berbagai latar belakang pendidikan. Mata ajar yang diberikan selama program berlangsung meliputi ilmu daging, biologi molekuler, ilmu nutrisi, genetika, dan lain-lain.

Selama program ini berlangsung, setiap peserta diminta memilih suatu mata kuliah yang ingin dipelajari lebih intensif. Pada akhir program, para peserta diminta untuk membuat dan mempresentasikan poster ilmiah mengenai hasil penelitian yang terkait mata kuliah yang dipilih tersebut. “Selama proses membuat poster ilmiah, kami kerap berdiskusi dengan mahasiswa pascasarjana di sana. Dari situ kami banyak belajar mengenai topik yang dibicarakan sekaligus sharing mengenai budaya dari negara masing-masing,” tutur Rheza.

Para peserta diajak mengunjungi beberapa pabrik pengolahan pangan asal hewan di Korea. Selain itu, para peserta juga mengunjungi peternakan milik CNU. Di sana, mereka mencoba untuk mengolah susu menjadi keju mozarella serta membuat bingsu. Di samping belajar mengenai ilmu peternakan, para peserta juga diajak untuk rekreasi sambil mengenal budaya Korea Selatan. Para peserta diajak berlatih taekwondo, mengunjungi Hanok Village (desa tradisional), memainkan alat musik tradisional janggu, hingga mengunjungi Lotte World. “Pengalaman ini sangat berharga karena saya memperoleh banyak ilmu baru di bidang peternakan dengan teknologi yang sangat canggih, dan sangat menyenangkan bisa bertemu banyak mahasiswa dari berbagai negara ASEAN, kegiatannya juga sangat menyenangkan!” ucap Gita. Partisipasi Gita, Reza, dan Fitra Yovita dalam program ini diharapkan dapat memacu semangat para mahasiswa FKH IPB lainnya untuk aktif dalam kegiatan dan program-program dalam lingkup regional dan internasional. (Gita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *