PELEPASAN PEMERIKSA KESEHATAN HEWAN DAN DAGING KURBAN TAHUN 2017

PELEPASAN PEMERIKSA KESEHATAN HEWAN DAN DAGING KURBAN

FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

INSTITU PERTANIAN BOGOR

1438 H / 2017 M

25 Agustus 2017

Jelang Hari Raya Idul Adha 1438 H,  mahasiswa dan dosen petugas pemeriksa dan pengawas hewan dan daging qurban Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB) akan dilepas secara resmi oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Ir.  Herry Suhardiyanto,M.Sc Jum’at (25/08/17) di Gedung Auditorium Hutasoit Fak. Peternakan IPB Kampus IPB Darmaga.

Pemeriksa dan pengawas dari FKH IPB ini, memeriksa hewan dan daging qurban, mencegah penyakit hewan dan menjamin kualitas dan keamanan daging qurban agar halal serta higienis. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Bagi IPB, khususnya Fakultas Kedokteran Hewan, kegiatan ini diharapkan juga menjadi jembatan kerjasama-kerjasama lain.

Dalam kegiatannya para petugas pemeriksa dibekali termometer, stetoskop, pisau dan peralatan medis kedokteran hewan lain. Peralatan tersebut sangat penting dalam rangka pemeriksaan dan pengawasan baik sebelum pemotongan (pemeriksaan antemortem), pengawasan proses pemotongan, pemeriksaan setelah pemotongan (pemeriksaan postmortem) dan pengawasan peredaran daging.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk mencegah pemotongan hewan yang sakit dan memantau penyakit hewan menular terutama yang bersifat zoonosis (penyakit yang ditularkan oleh hewan kepada manusia) serta menjamin keamanan dan kualitas daging,”

Dari tahun ke tahun permintaan pemeriksa dan pengawasan hewan serta daging qurban di wilayah Jawa Barat meningkat. Namun, karena keterbatasan sumberdaya Fakultas Kedokteran hewan IPB sehingga permintaan tersebut terpaksa belum bisa dipenuhi. Terkait dengan keterbatasan tersebut, FKH IPB memberikan jalan edukasi kepada pengurus DKM yang berada di wilayah Bogor.
Pembinaan yang diberikan terkait dengan animal welfare, kesehatan hewan dan daging, serta teknis saat pelaksanaan pemotongan hewan yang biasanya dilakukan di masjid-masjid di bawah binaan DKM. Edukasi tersebut, untuk meningkatkan kemandirian dan kemampuan masyarakat dalam menyiapkan pelayanan optimal saat pemotongan hewan kurban.

Para sukarelawan tersebut akan diterjunkan ke beberapa lokasi antara lain :DKI Jakarta , Jakarta Utara, Jakarta Selatan , Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Bogor, Lingkar Kampus IPB

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *