Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Daging Kurban di Kota Bogor

Peserta pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban pada Iedul Adha 1433 H tahun 2012 untuk wilayah Kota Bogor sebanyak 150 orang mahasiswa FKH IPB beserta 37 orang dosen FKH IPB. Peserta didistribusikan ke 88 tempat pemotongan di wilayah Kota Bogor.  Lokasi pemotongan di wilayah Kota Bogor diantaranya dilakukan pada halaman masjid, halaman kantor, halaman sekolah, halaman rumah, lapangan umum dan lain sebagainya.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan hewan dan daging kurban meliputi pemeriksaan sebelum hewan dipotong (antemortem) dan setelah hewan dipotong (post mortem). Pemeriksaan atemortem difokuskan pada kondisi fisik yang meliputi, suhu tubuh, frekuensi nafas, frekuensi jantung, mukosa, umur, dan kondisi lubang kumlah. Pemeriksaan post mortem meliputi pemeriksaan pada kondisi jeroan, yakni limpa, hati, jantung, paru-paru, ginjal dan pada beberapa kelenjar pertahanan (limphoglandula).

Proses penyembelihan dan pemotongan daging/ karkas dapat dievaluasi berdasarkan karakteristik tempat pemotongan hewan qurban, lantai/ alas tempat penyembelihan, ada tidaknya pembatas di lokasi penyembelihan, ketersediaan tempat penampungan khusus untuk hewan kurban, tempat penampungan terpisah cukup jauh dan tidak terlihat dari tempat penyembelihan, ketersediaan fasilitas ditempat penampungan, sumber air, ketersediaan air selama penampungan dan proses penyembelihan, tempat penampungan hewan kurban, dan lama hewan berada di tempat penampungan.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *