Profil

Selamat datang di web resmi Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB). FKH merupakan salah satu dari sebelas fakultas yang ada di IPB. Pada saat ini, FKH IPB mengampu program sarjana, profesi, pascasarjana, serta pendidikan berkelanjutan dalam berbagai bidang keilmuan veteriner.

Kurikulum program sarjana dan profesi dokter hewan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang disusun dan ditetapkan secara nasional oleh FKH se-Indonesia dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Pelaksanaan kurikulum menggunakan sistem mayor-minor sebagaimana yang telah ditetapkan oleh IPB.

FKH IPB menerima mahasiswa dalam dan luar negeri melalui berbagai jalur penerimaan. Mahasiswa yang ada saat ini berasal dari berbagai provinsi di Indonesia dan mahasiswa asing dari Malaysia dan Timor Leste. Dengan komposisi dosen sebagian besar (75%) bergelar doktor (S3), rasio dosen mahasiswa 1:8, serta pengakuan akreditasi  dari Badan Akreditasi Nasional dan internasional menjadikan FKH IPB sebagai salah satu pilihan terbaik untuk studi kedokteran hewan dalam berbagai jenjang (strata) pendidikan.

Approach

Selayang Pandang Fakultas Kedokteran Hewan IPB University

FKH IPB merupakan fakultas kedokteran hewan pertama dan tertua, serta sebagai trend setter pendidikan kedokteran hewan di Indonesia. Pendidikan kedokteran hewan di Indonesia telah dirmulai sejak tahun 1860 di Surabaya dan sempat ditutup pada tahun 1875. Dengan timbulnya wabah rinderpest di Indonesia, maka pada tahun 1906 didirikan kembali pendidikan kedokteran hewan dengan nama Cursus tot Opleiding voor Indische Veearts di Surabaya dan kemudian dipindahkan ke Bogor dengan nama Lembaga Penelitian Penyakit Hewan (LPPH, sekarang Balai Besar Penelitian Veteriner)..

Approach

Visi

Menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul dalam pengembangan sumberdaya manusia dan IPTEKS di bidang kedokteran hewan dan biomedis di tingkat internasional pada tahun 2020..

Approach

Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang kedokteran hewan dan biomedis pada berbagai jenjang (strata) pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Mendorong terselenggaranya pembangunan nasional secara berkelanjutan melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.
Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang kedokteran hewan dan biomedis untuk kesejahteraan manusia, hewan, dan lingkungan..

Approach

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang terampil, kompeten, memiliki semangat kewirausahaan dan berdaya saing yang tinggi.
Mengembangkan penelitian-penelitian dasar, terapan dan strategis yang inovatif untuk mendukung pembangunan nasional secara berkelanjutan.
Mengimplementasikan penemuan-penemuan di bidang kedokteran hewan dan biomedis untuk kesejahteraan manusia, hewan, dan lingkungan.

Approach

Kebijakan Mutu

Dengan komitmen yang tinggi terhadap mutu, Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor berupaya untuk Menjadi institusi pendidikan tinggi unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sumberdaya manusia dalam bidang ilmu-ilmu kedokteran hewan dan biomedis di tingkat regional dan internasional.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka Fakultas Kedokteran Hewan IPB :
Menerapkan sistem penjaminan mutu berkelanjutan dalam rangka tercapainya penyelenggaraan proses pendidikan yang tertib dan akuntabel.
Melaksanakan kegiatan tri darma perguruan tinggi berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan.
Memastikan pemenuhan terhadap persyaratan pelanggan, regulasi dan peraturan yang berlaku.
Meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapansistem yang efektif berkelanjutan.
Mengkomunikasikan kebijakan mutu kepada seluruh pengajar dan pegawai.
Kebijakan ini akan selalu ditinjau dan dievaluasi sesuai dinamika perkembangan proses pendidikan dan pengajaran.
Disahkan di Bogor pada tanggal 20 Oktober 2016
Dekan
Fakultas Kedokteran Hewan

AKREDITASI PENDIDIKAN

LAPANGAN PEKERJAAN