Stem Cell: Dasar Teori & Aplikasi Klinis

Judul: Stem Cell: Dasar Teori & Aplikasi Klinis

Penulis: Danny Halim, Harry Murti, Ferry Sandra, Arief Boediono, Tono Djuwantono, Boenjamin Setiawan

Penerbit: Erlangga

Tahun: 2010

Halaman: xx, 136

ISBN: 978-979-075-330-3

Terungkapnya sejumlah potensi istimewa stem cell (sel punca) pada akhir abad ke-20 adalah suatu fenomena besar dalam dunia kedokteran. Dengan karakteristik yang dimilikinya, teknologi kedokteran berbasis stem cell menjanjikan harapan kesembuhan total bagi penderita penyakit degeneratif, seperti stroke, Alzheimer, diabetes mellitus, Parkinson, maupun gagal jantung.

Buku ini menyajikan penjelasan ilmiah terpercaya mengenai dasar teori yang menjadi landasan penggunaan stem cell dalam dunia klinis. Buku ini terdiri dari 4 bab yang menjelaskan berbagai dasar mengenai stem cell, mulai dari definisi, sumber, prosedur laboratorium, mekanisme kerja, hingga aplikasi stem cell dalam terapi medis. Buku ini disusun secara sistematis, dalam bahasa ilmiah yang lugas dan mudah dimengerti, agar pembaca dapat memperoleh intisari yang hendak disampaikan penulis.

Materi yang dibahas dalam buku ini merupakan referensi yang sangat berharga bagi mahasiswa yang mempelajari stem cell. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan tentang stem cell dan kegunaannya dalam bidang klinis, maka stem cell semakin sering dibahas dalam banyak mata kuliah kedokteran, baik yang termasuk sebagai ilmu dasar, seperti embriologi, biokimia dan biologi medis, maupun yang merupakan mata kuliah klinis, seperti ilmu penyakit dalam, ilmu bedah, ilmu kesehatan mata, dan sebagainya. Dalam kuliah kedokteran gigi dan kedokteran hewan, stem cell merupakan topik yang dibahas dalam mata kuliah embriologi perkembangan.

Dalam kuliah jurusan bioteknologi, stem cell merupakan topik yang menjadi bagian dalam mata kuliah animal tissue culture. Jurusan kuliah lain yang juga semakin sering membahas keberadaan stem cell dan fungsinya adalah biologi dan farmasi. Buku ini juga sangat tepat sebagai bahan bacaan profesional d institusi riset dan teknologi, serta institusi penelitian kesehatan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *