Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Fasilitas

Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB) memiliki fasilitas-fasilitas yang baik untuk menunjang fungsi produktif mahasiswa dalam pembelajaran. Fasilitas tersebut antara lain sebagai berikut.

Akomodasi

Mahasiswa yang akan menuju Fakultas Kedokteran Hewan dapat menggunakan transportasi umum yang disedikan oleh kampus. Saat ini, transportasi umum yang disediakan kampus berupa bus dan sepeda.

Isntitut Pertanian Bogor memiliki fasilitas kantin yang terdapat di setiap fakultas dan tempat-tempat lain di dalam kampus. Salah satu kantin yang terdapat di FKH IPB adalah Kafe Ungu, yang selalu ramai saat waktu jam makan siang tiba. Menu makanan pada Kafe Ungu beragam dan harga makanan di kantin ini relatif murah sehingga dapat dijangkau oleh mahasiswa dan civitas FKH.


Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP)

RSHP FKH IPB memiliki 3 program kerja utama yaitu, Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Program Pendidikan yang dilakukan pada RSHP FKH IPB yaitu mendukung pembelajaran multistrata di FKH IPB.

Saat ini, RSHP FKH IPB menjadi pusat rujukan klinik yang berada di bogor dan jabodetabek. RSHP FKH IPB membuka pelayanan kesehatan hewan berupa polklinik hewan. Sebagai pusat rujukan, RSHP FKH IPB dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Diataranya adalah fasilitas rawat inap, rawat sehat, grooming, endoskopi, laboratorium, pelayanan operasi, ultrasonografi (USG), radiografi, diagnostic imaging center, dan lain-lain.


Unit Pengelola Hewan Laboratorium (UPHL)

Unit Pengelola Hewan Laboratorium (UPHL) merupakan unit pelaksana teknis yang berada dibawah Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang melayani seluruh sivitas akademika dan instansi terkait lainnya dalam bentuk konsultasi pengujian in vivo, penyediaan hewan percobaan, dan penyediaan kandang hewan laboratorium serta kegiatan lainnya yang terkait.


Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman

Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman (UKPHP) merupakan unit yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian sebagai lembaga untuk melakukan pengujian produk pestisida dalam aspek efikasi dan toksisitas. UKPHP melayani berbagai macam penelitian dan pengkajian terkait dengan obat-obatan atau racun sebagai pengendali hama pemukiman seperti tikus, kecoak, dan nyamuk.


Layanan Uji dan Penelitian

FKH IPB dilengkapi dengan fasilitas untuk mendukung pembelajaran multistrata di FKH IPB dan layanan penelitian, antara lain:
• In Vitro Services
• In Vivo Services
• Diagnostic Services
• Training Center
• Molecular analysis services
• House Hold Pesticide Analysis
• Animal Facility IPB Memenuhi Persyaratan
• Fasilitas Modeling, Treatment, dan Sampling
• Fasilitas Analisa Memadai
• Fasilitas Biomolekular dan Fasilitas BSL-3


Perpustakaan

Layanan perpustakaan dapat dilakukan di Perpustakaan Pusat IPB maupun Perpustakaan Fakultas. Perpustakaan mengelola informasi ilmiah untuk mendukung program pendidikan, pengajaran, dan penelitian bagi sivitas akademika dengan menyediakan berbagai layanan informasi ilmiah yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Layanan perpustakaan dapat dilakukan di Perpustakaan Pusat IPB maupun Perpustakaan Fakultas. Perpustakaan mengelola informasi ilmiah untuk mendukung program pendidikan, pengajaran, dan penelitian bagi sivitas akademika dengan menyediakan berbagai layanan informasi ilmiah yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Perpustakaan fakultas FKH-IPB merupakan bagian integral dari Perpustakaan Pusat IPB. Perpustakaan FKH IPB memiliki koleksi bahan pustaka tidak kurang dari 4.000 judul dengan 5.500 kopi, yang meliputi buku teks, diktat, jurnak, majalah, skripsi, tesis, laporan penelitian dan lain-lain. Selain perpustakaan fakultas, setiap departemen di lingkungan FKH IPB mengkoleksi beberapa buku yang jumlah keseluruhannya mencapai sekitar 300 judul.


Komisi Etik Hewan Coba

Komisi Etik Hewan FKH IPB yang dibentuk berdasarkan SK Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor memiliki peran dan fungsinya dengan memenuhi kaidah ilmiah yang berstandar internasional, antara lain pemenuhan asas kesejahteraan hewan (animal welfare).

Penggunaan hewan yang terjamin kesejahteraannya dalam aktivitas penelitian, pengajaran, pemeliharaan dan perkembangbiakan adalah kunci utama dalam menghasilkan suatu karya ilmiah yang akurat dan terstandarisasi, dalam kaitannya untuk ekstrapolasi hasil penelitian pada manusia. Penjaminan kualitas dari penggunaan hewan coba yang memenuhi azas kesejahteraan hewan tersebut dilakukan oleh suatu lembaga independent yang kompeten, berintegritas dan beraspek legal secara hukum.