Transportasi dalam Kampus

Bus
Terdapat 8 unit bus kampus yang beroperasi di lingkungan kampus dan memiliki fasilitas Full AC. Seluruh unit bus beroperasi di kampus dari jam 06.00 – 18.00 WIB pada kondisi normal. Hari operasional adalah hari Senin-Jumat kecuali hari libur kampus dan libur nasional.Wilayah operasional tersebar di 3 koridor:
? Koridor 1 : Graha Widya Wisuda – Fakultas Kedokteran Hewan – Graha Widya Wisuda via Asrama Putri
? Koridor 3 : Graha Widya Wisuda – Fakultas Kedokteran Hewan – Graha Widya Wisuda via Perpustakaan
? Koridor 4 : Graha Widya Wisuda – Fakultas Kedokteran Hewan – Graha Widya Wisuda via Rektorat Bus kampus hanya dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di halte/bus stop yang ditentukan.

Sepeda
Kampus IPB sudah sejak lama membudayakan untuk bersepeda dalam kampus. Dari bantuan berbagai pihak IPB memiliki lebih dari 700 sepeda yang dapat digunakan sebagai sarana transportasi dalam kampus setiap harinya.
Jenis sepeda yang ada pun bermacam-macam, ada jenis sepeda yang memiliki keranjang untuk menaruh barang dan sangat nyaman digunakan oleh kaum hawa seperti sierra dan vista, namun ada juga sepeda mountain bike ataupun heist yang secara fisik lebih besar dan disukai pengguna laki-laki ataupun umum. Total terdapat 8 jenis sepeda yang dioperasikan.
Sistem bike sharing beroperasi dari jam 06.00 – 20.00 WIB pada kondisi normal dengan peminjaman terakhir pada pukul 18.00 WIB. Hari operasional adalah hari Senin-Minggu kecuali hari libur kampus dan libur nasional.
Peminjaman sepeda dapat dilakukan di 10 halte sepeda yang tersebar di berbagai titik dan dapat dilihat disini. Peminjam perlu memberikan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) atau kartu identitas lainnya sebagai jaminan saat peminjaman sepeda tersebut. Pengembalian sepeda untuk saat ini hanya dapat dilakukan di shelter yang sama tempat ia meminjam.

Peminjam dapat menggunakan sepeda selama dalam jam operasional di kawasan kampus IPB Dramaga. Selama peminjaman, sepeda merupakan tanggung jawab peminjam sehingga perlu menyediakan kunci sepeda jika ingin memarkirkan sepeda di tempat umum.
Sebagai sarana penunjang penggunaan sepeda, telah disediakan berbagai fasilitas khusus sepeda seperti parkiran dan juga jalur khusus sepeda baik yang dedicated maupun yang masih mix traffic.