Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Kebun Buntik Agrianita FKH IPB University Panen Raya Bersama Rektor dan Wakil Gubernur Sumatera Barat

Agrianita FKH IPB mengadakan acara Panen Raya di Kebun Bunda Cantik (Buntik) pada hari Sabtu, 4 September 2021 yang berlokasi di samping Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) IPB University. Kebun Bunda Cantik Agrianita FKH ini diprakarsai oleh Bunda-Bunda Cantik dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang dibuat dengan tujuan untuk memanfaatkan lahan tidur yang sudah lama tidak terpakai, untuk mempercantik, meningkatkan estetika dan keindahan lingkungan, kesejahteraan karyawan dan tentu saja sebagai sarana untuk refreshing dan menyalurkan hobi berkebun bagi Buntik FKH. Kebun Buntik ditanami dengan berbagai tanaman seperti umbi-umbian (ubi, bengkuang), jambu kristal, berbagai jenis cabai, kacang, tanaman obat (jahe, kunyit, kencur, kunyit hitam dsb), sayuran (bayam, kangkung, labu siam, dan terong), dan berbagai macam tanaman hias (miana). 

Acara ini dihadiri oleh Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria, SP, MSi, Wakil Rektor 2 bidang Perencanaan Sumberdaya dan Keuangan Dr Ir Agus Purwito, MScAgr, Wakil Gubernur Sumatera Barat Ir Audy Joinaldy, SPt, MSc, MM, IPM, ASEAN Eng, Dekan FKH IPB University Prof drh Deni Noviana, PhD, DAiCVIM, Wakil Dekan bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Dr. drh. Andriyanto, MSi, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drh Ni Wayan Kurniani Karja, MP, PhD, Ketua Agrianita IPB University Retna Widyawati, SP, Ketua Agrianita FKH IPB University Drh Henny Endah Anggraeni, MSc, dan tamu undangan lainnya.

Dalam memberikan sambutannya, Ketua Agrianita FKH IPB menyampaikan bahwa pada pintu utama kebun Buntik dijumpai lambang kupu-kupu yang memiliki filosofi perjuangan hidup, keindahan, dan penyembuhan. Hal ini sangat sesuai dengan keberadaan kebun Buntik yang dibangun dengan usaha keras para buntik FKH, sehingga menghasilkan kebun yang  indah dan berfungsi sebagai penyembuhan (refreshing dan penyaluran hobi).

“Sehubungan dengan akan diadakan pembelajaran luring secara bertahap, harapannya keberadaan taman ini dapat menjadi tempat refreshing bagi mahasiswa. Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan di taman dengan penyediaan fasilitas wifi internet.” Ujar Dekan FKH IPB University.

Ketua Agrianita IPB University mengatakan bahwa inisiasi kegiatan ini diawali pada saat awal pandemi 2020 lalu, dengan membuat program gerakan pemanfaatan lahan pekarangan yang asumsinya tidak keluar rumah tetapi tetap harus memperhatikan dan mempercantik pekarangan rumah. 

Dalam acara Panen Raya ini dilanjutkan dengan launching produk UBI-Q. Produk UBI-Q merupakan jus berbahan dasar ubi ungu yang dikukus kemudian diblender dengan susu dan diberi tambahan jelly.

“Harapannya pemeliharaan kebun seperti ini dapat memberi inspirasi bagi ibu-ibu dimanapun. Di seluruh fakultas terdapat yang namanya home garden, percontohan untuk kebun pekarangan di perumahan. Sehingga dengan adanya gerakan menanam ini kita dapat memanfaatkan lahan yang ada di rumah.” Ujar Rektor IPB University.

Wakil Gubernur Sumatera Barat sangat mengapresiasi dengan adanya acara panen raya ini karena meskipun dalam kondisi pandemi, ibu-ibu agrianita tetap semangat berkreasi terlebih lagi dengan tanaman yang ada pada kebun tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat serta melatih kreatifitas. 

Rektor IPB University, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Dekan FKH IPB, dan Wakil Dekan bidang SKP turut berpartisipasi dalam pemetikan hasil panen yang dimulai dengan memetik Ubi Ungu, Bengkoang dan tanaman lainnya. Ditutup dengan penyerahan secara simbolis hasil panen kepada tamu undangan dan peserta yang hadir dalam acara ini.