Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Kuliah Umum – Inovasi IPB-GGL, Daun Katuk, Depolarisasi dalam Pakan Komplit untuk Peternak

Sehubungan dengan adanya program Kedaireka dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM), IPB University menyelenggarakan Kuliah Umum dengan topik “Inovasi IPB-GGL, Daun Katuk Depolarisasi dalam Pakan Komplit untuk Peternak” pada hari Jumat, 19 November 2021 pukul 08.30-11.00 WIB secara online melalui zoom meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur PT. Great Giant Livestock (GGL), drh. Welly Sugiono yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University angkatan 17. Dekan FKH IPB University, Prof. drh. Deni Noviana, PhD, DAiCVIM dan Wakil Rektor bidang Inovasi dan Bisnis/Kepala LKST IPB, Prof. Dr. Ir. Erika B. Lakoni, M.S juga turut memberikan sambutan.

Prof Erika menyampaikan semoga dengan adanya 34 program Kedaireka IPB tahun ini dapat memberikan kontribusi dan inovasi-inovasi di masyarakat baik secara sosial maupun ekonomi. Salah satu inovasinya adala Katulak yang di produksi oleh Prof Agik dan Tim serta bekerjasama dengan PT.GGL yang harapannya dapat terus dikembangkan tidak hanya terhenti pada program ini berjalan. Inovasi ini tentunya memberikan banyak manfaat baik untuk IPB maupun PT. GGL dan masyarakat, sehingga bisa diterima khususnya pada bidang peternakan.

Terdapat tiga pemateri dengan topik yang berbeda pada kuliah umum ini, yaitu:

  1. Prof. Dr. drh. Agik Suprayogi, M.Sc dengan materi “Manfaat Daun Katuk (Depolarisasi) sebagai Feed Additive bagi Ternak Ruminansia”.
  2. Yuliantoni Queen dengan materi “Potensi Produksi Pakan Komplit dan Manajemen Pengelolaan Sapi di PT. GGL”.

Materi ini membahas tentang komponen penting pada produksi yang terbagi menjadi 7 kelompok yaitu Cow Management, Heifer Raising, Health, Reproduction, Feed, Milking Parlour, Products.

  1. Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA, IPU dengan materi “Peran Sentral Industri dan Perguruan Tinggi pada Konsep Korporasi Bisnis TETRA-HELIX dalam Pembangunan Peternakan Rakyat Melalui Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) IPB”.

Pemaparan materi tersebut dimoderatori oleh Dr. Ir. Afton Atabony, M.Si.