Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Capaian Prestasi Made Chandra Aruna Putra Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Angkatan 56

Made Chandra Aruna Putra adalah mahasiswa FKH yang minat satwa liarnya telah menghasilkan pencapaian nasional hingga internasional. Made bercita-cita menjadi seorang Nat Geo Explorer (Ilmuwan atau peneliti yang mendapat kontrak projek penjelajahan saintfik) dan Fotografer yang memiliki fokus cerita serta eksplorasi di bidang yang berhubungan dengan ilmu serta kemajuan teknologi kedokteran hewan dalam konservasi atau pelestarian satwa liar. Fokus utamanya adalah menghubungkan eksplorasi ilmu pengetahuan dengan visual-storytelling terhadap organisme yang penting perannya, namun jarang dan sulit untuk diperhatikan seperti parasite, serangga, dan herpetofauna.

Proses yang dijalani dalam meraih cita-citanya,  Made memupuk aspek saintifiknya dengan memboyong Juara Harapan 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional KOIN UNNES 2020, IPB University delegation as presenter and participant at 2nd International Symposium on Transdisciplinarity Approach for Knowledge Co-Creation in Sustainability (ISTAKCOS 2020), Presenter and participant at the 1st International Conference for Smart Agriculture, Food, and Environmental (IC-SAFE 2020), dan yang paling membanggakan adalah Presenter and participant research author at 23rd International Congress of Zoology (ICZ 2021) yang seharusnya diadakan di Afrika Selatan, namun digelar secara online karena pandemic yang tak kunjung usai.

Selain itu Made memiliki minat dan bakat dalam kesenian (fotografi) yang sering ia gabungkan dengan dunia ilmu pengetahuannya, Scientific Photography. Melalui genre macro-photo nya, ia mampu memenangkan kompetisi nasional Veterinary Scientific & Creative Event (VSCE)  2020 sebagai Juara 1 Nasional dan Yayasan KEHATI Fauna Photo Hunt 2021 Nasional sebagai Juara 2 dengan membawakan cerita tentang pentingnya berbagai macam serangga dalam mewujudkan One-Health Concept yang popular di ilmu dunia medis hewan dan manusia. Made juga menjadi Delegasi FKH di Fotografi IAC IPB 2020, Juara 1 Lomba Fotografi World Veterinary Day FKH IPB 2021, Juara ke-2 HIMAKOVA Wildlife Photo-Hunt 2020, Juara Lomba Foto CILIWUNG HERPETARIUM PHOTO CONTEST Herpetofauna Around Us Challenge 2020, Juara ke-3 Nasional Yayasan KEHATI World Migratory Bird Day Photo Competition 2020, dan Juara ke-3 International Forestry Students Association (IFSA) World Mountain Day Photo Contest.Menurutnya, pencapaian dan kemampuan itu tidaklah berarti tanpa membagikannya. Sehingga Made juga terkadang mengajak teman nya dalam berkolaborasi dari fakultas lain atau waktu itu memberikan materi sebagai pembicara di salah satu acara bernama  X-Talks di suatu Sekolah tentang “Snakes Among Us”. Harapannya, ia bisa menginspirasi bahwa prestasi dan cita-cita itu bisa beragam bentuknya.