Tentang FKH IPB Program Studi Fasilitas Kehidupan Kampus Mahasiswa FKH IPB

Mengupas Permasalahan dan Solusi Perunggasan melalui Poultry Breeding Business and Management Training

Fakultas Kedokteran Hewan IPB University melaksanakan kegiatan continuing professional development (CPD) dengan topik Poultry Breeding Business and Management Training. Pelatihan ini terlaksana atas kerjasama Fakultas Kedokteran Hewan IPB dan IPB Training. Dekan FKH IPB, Prof. drh. Deni Noviana, PhD, DAiCVIM menyampaikan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dalam menganalisis dan memecahkan permasalahan terkait sistem bisnis, manajemen pemeliharaan dan kesehatan unggas bagi berbagai pihak yang terlibat dalam bidang perunggasan sehingga dapat bermanfaat bagi pengembangan usaha perunggasan di Indonesia.

Materi disampaikan oleh para ahli di bidangnya yang dibagi menjadi tiga topik pembahasan. Topik pertama mengenai Poultry Breeding Business disampaikan oleh Dr. Ir. Arief Daryanto, MEc yang merupakan Dekan Sekolah Vokasi IPB. Dr Arief menyampaikan perihal potensi dan tantangan bisnis unggas di Indonesia. Topik mengenai Poultry Breeding Management disampaikan oleh Ir. Sahrul Bosang. Ir Sahrul merupakan konsultan perunggasan yang telah memiliki berbagai pengalaman baik di dalam maupun luar negeri. Topik terakhir disampaikan oleh Prof. Dr. drh. I Wayan Teguh Wibawan, MS sebagai guru besar FKH IPB. Topik yang disampaikan mengenai Biosecurity and Health Control in Poultry Breeding. Pelatihan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 23-25 Februari 2021 dengan dimoderatori oleh Dr. drh. H. Trioso Purnawarman, MSi yang merupakan dosen FKH IPB sekaligus Ketua Tim Analisa Penyedia Kebutuhan Ayam Ras dan Telur Kementrian Pertanian Indonesia.

 

Sebanyak 36 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang bidang perunggasan, meliputi perusahaan unggas, obat-obatan, pendidikan, maupun peserta yang mendaftar secara personal. Perusahaan yang mengikuti pelatihan ini meliputi PT. Charoen Pokphand Indonesia, PT. Berdikari (Persero), PT. New Hope Indonesia, PT. Malindo Feedmill, PT. Ceva Animal Health, PT. Zoetis Animal Health, PT. Sreeya Sewu, PT. Bergh Poultry Indonesia, PT. Sidosari Multi Farm, PT. Expravet Nasuba, PT. Widodo Makmur Unggas dan CV. Mitra Agro Sejahtera. Selain itu, pelatihan ini juga diikuti oleh akademisi di bidang pendidikan yang berasal dari Fakultas Peternakan dan Pertanian Universitas Diponegoro dan Sekolah Vokasi IPB University.

Bogor, 26 Februari 2021

Kontributor: Fadhilah Amaliya Haq, Bintang Nurul Iman