Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Peringkat Unggul Akreditasi LAM-PTKes Fakultas Kedokteran Hewan IPB University

Asesmen Lapangan Akreditasi LAM-PTKes yang beberapa waktu lalu dilaksanakan secara daring pada hari Selasa-Jumat tanggal 7-10 September 2021 di Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University mendapatkan hasil yang sangat memuaskan. 

Dilansir dari website resmi LAM-PTKes pada hari Sabtu, 2 Oktober 2021 , berdasarkan SK no 0386/LAM-PTKes/Akr/Pro/IX/2021 memutuskan bahwa Program Studi Profesi Dokter Hewan mendapatkan nilai unggul. Tak hanya Program Studi Profesi Dokter Hewan yang mendapatkan nilai unggul, berdasarkan SK no 0385/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2021 juga memutuskan bahwa Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan juga mendapatkan nilai yang unggul.

Terdapat beberapa kriteria yang perlu dipenuhi dalam akreditasi ini yaitu: 

1) Visi Misi, Tujuan, dan Strategi

Kejelasan, kerealistikan, dan keterkaitan antara visi keilmuan, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian sasaran unit pengelola program studi, keterkaitannya dengan visi, misi, tujuan dan sasaran institusi, serta keterkaitan dengan capaian pembelajaran lulusan yang ditetapkan.

2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama

Kinerja dan keefektifan kepemimpinan, tata pamong, dan sistem manajemen sumber daya unit pengelola program studi, serta pemenuhan aspek-aspek.

3) Mahasiswa

Konsistensi pelaksanaan dan keefektifan sistem penerimaan mahasiswa baru yang adil dan objektif. Keseimbangan rasio mahasiswa dengan dosen dan tenaga kependidikan yang menunjang pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efisien. 

4) Sumber Daya Manusia

Keefektifan sistem perekrutan, ketersediaan sumber daya manusia (pendidik dan tenaga kependidikan) dari segi jumlah, kualifikasi pendidikan dan kompetensi untuk penyelenggaraan. 

5) Keuangan, Sarana dan Prasarana

Kecukupan, keefektifan, efisiensi, dan akuntabilitas, serta keberlanjutan pembiayaan untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

6) Pendidikan

Kesesuaian dan keunggulan capaian pembelajaran lulusan program studi, kesesuaian kurikulum dengan bidang ilmu program studi dan capaian pembelajaran lulusan beserta kekuatan dan keunggulan kurikulum, budaya akademik, proses pembelajaran, sistem penilaian, dan sistem penjaminan mutu untuk menunjang tercapainya capaian pembelajaran lulusan dalam rangka pewujudan visi dan misi unit pengelola program studi. 

7) Penelitian

Arah pengembangan penelitian dan komitmen untuk mengembangkan penelitian yang bermutu, keunggulan dan kesesuaian program penelitian dengan visi keilmuan unit pengelola program studi. 

8) Pengabdian Kepada Masyarakat

Arah pengembangan pengabdian kepada masyarakat dan komitmen untuk 

mengembangkan dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, yang bermutu.

9) Luaran dan Capaian.

Produktivitas program pendidikan, dinilai dari efisiensi edukasi dan masa studi mahasiswa. Pencapaian kualifikasi dan capaian pembelajaran lulusan (berupa gambaran yang jelas tentang profil dan capaian pembelajaran lulusan dari program studi).

Seluruh sivitas akademika FKH IPB University mengucapkan selamat atas hasil yang diraih.