Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Pendidikan Profesi Dokter Hewan

Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH) merupakan program pendidikan lanjutan dari Program Pendidikan Sarjana Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) dengan gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Mahasiswa lulusan sarjana FKH dapat meraih gelar dokter hewan (Drh) setelah menyelesaikan pendidikan pada Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan FKH IPB.

Program PPDH FKH IPB saat ini berlangsung menggunakan sistem semester sejak Tahun Akademik 2019/2020 dengan menempuh 37 SKS dalam 3 semester. Kurikulum pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan berbasis kompetensi dengan menggunakan berbagai metode termasuk Student Centered Learning. Kurikulum pendidikan kedokteran hewan terdiri dari muatan yang disusun berdasarkan standar kompetensi dokter hewan Indonesia (terdiri atas kurikulum wajib umum dan kurikulum wajib bidang ilmu) dan muatan institusional. Kurikulum institusional dikembangkan sesuai dengan visi, misi dan kondisi intitusi penyelenggara yang dapat menjadi materi wajib dan atau materi elektif. Materi elektif memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat khusus.


Sistem Semester

Sistem semester dikembangkan untuk menyesuaikan sistem pengelolaan pendidikan multistrata di IPB. Kegiatan KBM pada sistem semester terbagi menjadi 3 semester, dengan penjadwalan kegiatan akademik seperti yang berlaku pada strata lainnya di IPB melalui SIMAK. Permulaan dan akhir KBM setiap semester mengikuti jadwal multistrata yang dikeluarkan oleh Dit. APPMB IPB. Sistem KBM pada Program PPDH dilaksanakan secara rotasi antar mata kuliah, dimana masing-masing mata kuliah ditempuh dalam 2-4 minggu. 


Kegiatan akademik profesi pada Program PPDH

Semester 1 adalah kegiatan intramural (KBM di dalam kamus) dengan 5 mata kuliah, yaitu: a) Reseptir dan Aplikasi Obat, b) Bedah dan Radiologi, c) Penyakit dalam dan Patologi Klinik, d) Reproduksi dan Kebidanan, dan e) Laboratorium Diagnostik. 

Semester 2, kegiatan kombinasi intramural dengan ekstramural (KBM di luar kampus) dengan 6 mata kuliah, yaitu: a) Diagnostik Patologi, b) Kesmavet dan Epidemiologi, c) PKL Kesehatan Unggas, d) PKL Kesehatan Sapi, e) PKL Kesehatan Hewan Kesayangan (Kerumahsakitan), dan f) PKL Rumah Pemotongan Hewan dan Kedinasan. 

Semester 3 berupa kegiatan ekstramural dengan 2 mata kuliah, yaitu: a) PKL Profesi Pilihan, dan b) Kesejahteraan Hewan serta Ujian Akhir Studi Dokter Hewan (UASDH) dan Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan (UKMPPDH) yang diselenggarakan oleh Belmawa Kementrian Pendidikan dan Kebidayaan RI.



Kurikulum Program Profesi Dokter Hewan