Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Sarjana

Pendidikan Program Sarjana di Institut Pertanian Bogor diselenggarakan dengan masa studi selama 4 (empat) tahun. Sejak tahun 2005, Institut Pertanian Bogor telah menerapkan kurikulum mayor-minor yang menawarkan lebih dari 500 kombinasi kompetensi. Peluang ini memungkinkan sarjana lulusan IPB memiliki kompentensi ganda, bahkan gelar ganda sehingga banyak lapangan pekerjaan yang dapat digeluti.

Kurikulum pendidikan kedokteran hewan terdiri atas kurikulum pendidikan akademik dan profesi. Kurikulum pendidikan akademik (sarjana) dilaksanakan dalam waktu 8 semester dengan jumlah 158 sks. Pada saat ini setelah menyelesaikan pendidikan akademik, lulusan dianugerahi gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Untuk memperoleh gelar Dokter Hewan (Drh), lulusan pendidikan akademik meneruskan ke pendidikan profesi yang dilakukan selama 18 bulan dengan jumlah 37 sks. Kurikulum pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan berbasis kompetensi dengan menggunakan berbagai metode termasuk Student Centered Learning.

Kurikulum pendidikan kedokteran hewan terdiri dari muatan yang disusun berdasarkan standar kompetensi dokter hewan Indonesia (terdiri atas kurikulum wajib umum dan kurikulum wajib bidang ilmu) dan muatan institusional. Kurikulum institusional dikembangkan sesuai dengan visi, misi dan kondisi intitusi penyelenggara yang dapat menjadi materi wajib dan atau materi elektif. Materi elektif memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan minat khusus.


Mandat
Sarjana Kedokteran Hewan dan Dokter Hewan terampil serta memiliki jiwa kewirausahaan dan kompetensi baik di tingkat regional maupun internasional.


Keunggulan
Fakultas dengan luas 18,000 meter persegi dan dilengkapi dengan rumah sakit hewan terluas di Asia Tenggara. Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH-IPB) mengampu program sarjana, profesi, pascasarjana, serta pendidikan berkelanjutan dalam berbagai bidang keilmuan veteriner. Kurikulum program sarjana dan profesi dokter hewan menggunakan kurikulum berbasis kompetensi yang disusun dan ditetapkan secara nasional oleh FKH seIndonesia dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). Kurikulum FKH IPB juga dirancang sesuai dengan Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) sehingga memenuhi kelayakan bagi lulusan FKH IPB untuk bisa bekerja dan melanjutkan studi di luar negeri.


Lapangan Kerja
Lapangan kerja sarjana kedokteran hewan dan dokter hewan sangat beragam. Lapangan kerja ini akan semakin luas seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya taraf hidup masyarakat. Saat ini lulusan FKH IPB telah bekerja di berbagai bidang, diantaranya:

  • Praktek Dokter Hewan, baik di kota besar maupun di daerah sebagai Dokter Hewan Mandiri.
  • Peneliti, konsultan dan pengajar di berbagai instansi pemerintah dan swasta.
  • Pegawai Negeri Sipil, di berbagai instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah.
  • Perusahaan Swasta, khususnya yang bergerak di sektor produksi (peternakan) maupun yang berkaitan dengan pengolahan hasil peternakan, serta perusahaan makanan dan minuman.
  • Wirausaha bidang agribisnis peternakan, baik yang terkait dengan industrI input produksi, produksi dan industrI hasil produksi di berbagai komoditi ternak.
  • Kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia.
  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terkait dengan bidang keprofesian dan Pemberdayaan Masyarakat


Panduan Program Sarjana
Lampiran-6.1-Panduan-Program-Sarjana-IPB

Kurikulum Program Sarjana Kedokteran Hewan
Kurikulum-Program-Sarjana-Kedokteran-Hewan