[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default”][et_pb_row _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default”][et_pb_column type=”4_4″ _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default”][et_pb_text _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″]

Selamat kepada Jasmine Deansyah (mhs FKH IPB) bersama Aafini Rizqi Kamal (mhs Arsitektur UI) atas prestasi yang membanggakan sebagai juara ke dua kompetisi Desain kandang ayam untuk peternak kecil tingkat Asia yang diselenggarakan oleh FAVA bekerjasama dgn FAO Asia Pasifik Region.

Dalam ajang “WAAW Design Challenge 2020, a housing design competition for small-scale poultry farming in Asia” yang diselenggarakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) Regional Asia Pasific  dan Federation of Asian Veterinary Asosiation (FAVA). Mahasiswa FKH IPB berhasil meraihprestasi yang membanggakan dalam kompetisi ini.Kompetisi ini dilaksanakan tanggal 12 -18 Oktober 2020 dengan rangkaian acara seminar, lomba desain kandang ayam, dan diakhiri dengan presentasi desain dan pengumuman pemenang pada 23 November 2020. kompetisi ini diadakan dalam rangka perayaan World Antimicrobial Awareness Week (WAAW). Kegiatan ini tema “Biosecurity towards infection prevention and improved livelihoods” bertujuan untuk menggalakkan praktik biosecurity untuk mengurangi penyebaran resistensi antibiotik dan risikonya, serta mendorong   dalam peternakan dan budi daya perikanan.Dalam ajang “WAAW Design Challenge 2020, a housing design competition for small-scale poultry farming in Asia” yang diselenggarakan oleh Food and Agriculture Organization (FAO) Regional Asia Pasific  dan Federation of Asian Veterinary Asosiation (FAVA). Mahasiswa FKH IPB berhasil meraihprestasi yang membanggakan dalam kompetisi ini. Kompetisi ini dilaksanakan tanggal 12 -18 Oktober 2020 dengan rangkaian acara seminar, lomba desain kandang ayam, dan diakhiri dengan presentasi desain dan pengumuman pemenang pada 23 November 2020. kompetisi ini diadakan dalam rangka perayaan World Antimicrobial Awareness Week (WAAW)

. Kegiatan ini tema “Biosecurity towards infection prevention and improved livelihoods” bertujuan untuk menggalakkan praktik biosecurity untuk mengurangi penyebaran resistensi antibiotik dan risikonya, serta mendorong dalam peternakan dan budi daya perikanan.Perlombaan ini dilakukan sepenuhnya dengan sistem daring. Peserta diharuskan melakukan pendaftaran, pengumpulan desain untuk selanjutnya dilakukan pemilihan bebrapa finalis. Selanjutnya finalis akan melakukan presentasi materi, desain dan di nilai oleh dewan juri. Dalam kegiatan ini Jasmine Deansyah mahasiswa FKH IPB University angkatan 54 dan rekan mengikuti perlombaan desain. Jasmine mengangkat desain dengan judul RUYAM (Rumah Ayam) yaitu sebuah desain kandang ayam dengan konsep modern dengan memperhatikan aspek biosekuriti, selain itu aspek lain yang diperhatikan adalah iklim, lokasi peternakan, sosial budaya masyarakat dan efisiensi biaya peternakan. Dalam penyusunan konsep RUYAM ini, Jasmine dan tim mendapat beberapa kendala seperti kurangnya pengalaman dalam informasi dalam pelaksaan petenakan di lapangan sehingga untuk mengatasi kendala tersebut Jasmine dan tim melakukan studi literatur dan melakukan survey ke beberapa peternakan. Konsep desain ini lah yang membawa jasmine dan tim masuk ke babak final dan mempresentasikan konsep mereka kepada dewan juri. Selain Jasmine terdapat beberapa finalis lain yang berasal dari beberapa negara seperti Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, India, Bangladesh, dan Nepal. presentasi desain dan pengumuman dilakukan melalui zoom meeting dalam webinar yang diadakan Thai Veterinary Medical Association (TVMA).  Berkat ide dan gagasan yang dikemukan ini jasmine dan tim mendapatkan peringkat 2 terbaik dalam kompetisi ini. Kedepannya diharapkan konsep ini dapat diimplementasikan dalam pembangunan dan pengembangan peternakan ayam yang modern dan ramah lingkungan serta tidak melupakan aspek aspek sanitasi dan biosekuriti. Selamat kepada Jasmine Deansyah atas prestasi yang membanggakan ini!.

 

 

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]