Tentang Kami Program Studi Fasilitas Layanan Kehidupan Kampus Direktori Mahasiswa Event Kontak Akreditasi

Studi Lapang dan Magang

Fakultas Kedokteran Hewan IPB merupakan salah satu wadah pembentuk sumberdaya manusia yang kompeten dalam dunia kesehatan hewan. Menjadi dokter hewan yang profesional, ilmu dan keterampilan yang didapat di bangku kuliah haruslah mampu diterapkan dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu, mahasiswa memerlukan beberapa praktik kerja lapang dengan tujuan menambah pengalaman dan kemampuan bekerja nyata, serta meningkatkan pemahaman tentang dunia kedokteran hewan.


  • Magang Profesi dan Studi Lapang Satwa Liar

Magang profesi dan studi lapang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan Himpro Satwa Liar untuk anggota Himpro Satwa Liar. Kegiatan ini akan dilakukan di beberapa situs konservasi in-situ, ex-situ, dan suaka margasatwa yang  bekerja sama dengan Himpro Satwa Liar. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, ketrampilan, serta pengalaman mahasiswa kedokteran hewan dengan langsung terjun ke lapangan.

Output dari magang profesi ini anggota Himpro Satwa Liar dapat mengenal dan mempelajari kehidupan satwa liar sehingga meningkatkan kecintaan terhadap satwa liar, serta memberikan pengetahuan dan wawasan medis yang berkaitan dengan upaya pelestarian satwa liar. Dampak (outcome) dari magang profesi ini adalah kegiatan diharapkan dapat menambah pengetahuan manajemen medik konservasi untuk satwa liar. Semakin mengenal kehidupan satwa liar untuk meningkatkan kecintaan terhadap satwa liar, menambah pengetahuan dan wawasan medis konservasi satwa liar.


  • Magang Profesi dan Studi Lapang Hewan Kesayangan & Satwa Akuatik Eksotik

Sama dengan satwa liar, magang profesi dan studi lapang merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan Himpunan Profesi (himpro) HKSA untuk mahasiswa FKH IPB, khususnya yang berminat menekuni bidang hewan kesayangan dan satwa akuatik eksotik. Kegiatan ini akan dilakukan di beberapa klinik, stable, dan rumah sakit yang bekerja sama dengan himpro HKSA. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 kloter dengan durasi 2 minggu. Sebelum pelaksanaan magang, akan diadakan kuliah magang secara online sebagai bekal/persiapan bagi para peserta magang.

Output dari magang profesi ini yaitu mahasiswa FKH IPB mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menangani kasus yang ada di lapangan secara langsung, khususnya dalam bidang hewan kesayangan dan satwa akuatik eksotik, mahasiswa FKH IPB dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama kuliah, mahasiswa FKH IPB mengenal atau mengetahui gambaran lapangan pekerjaan profesi kedokteran hewan, khususnya dalam bidang hewan kesayangan dan satwa akuatik eksotik, Himpro HKSA menjalin hubungan yang baik dengan klinik, stable, dan rumah sakit yang diajak bekerja sama sehingga kedepannya mudah untuk diajak bekerja sama kembali.


  • Magang Profesi dan Studi Lapang Hewan Ruminansia

Himpunan Minat Profesi (Himpro) Ruminansia sebagai salah satu fasilitas pengembangan skill keprofesian mahasiswa kedokteran hewan, memandang perlu untuk memfasilitasi mahasiswa yang tergabung dalam Himpro Ruminansia dalam kegiatan magangprofesi. Magangprofesi merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri atas praktik kerja lapangan di peternakan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan ikut serta dalam kegiatan rutin yang berjalan di masing-masing institusi tempat magang. Peserta magang diharapkan dapat mendapatkan pengalaman praktik kerja lapang di bidang ternak ruminansia. Perluasan pengetahuan menjadi sumber peningkatan kompetensi peserta kegiatan ini terutama dalam hal teknologi reproduksi, manajemen, produksi, dan kesehatan ternak.