[et_pb_section fb_built=”1″ _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default”][et_pb_row _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default”][et_pb_column _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default” type=”4_4″][et_pb_text _builder_version=”4.7.0″ _module_preset=”default” hover_enabled=”0″ sticky_enabled=”0″]

Diagnostic Imaging Center (DIC) merupakan salah satu jenis layanan telemedicine yang ada di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University. Layanan ini berupa jasa konsultasi interpretasi gambar-gambar hasil citra radiografi, elektrokardiografi ataupun ultrasonografi.

Prof Drh Deni Noviana, PhD, DAiCVIM Dekan FKH IPB University menyampaikan, perkembangan ilmu serta alat-alat kedokteran yang saat ini telah mampu memberikan gambaran tubuh hewan secara non invasif tanpa pembiusan atau pembedahan pada hewan. Hal tersebut mendorong munculnya inovasi layanan ini.

“Misalnya menggunakan radiografi, x-ray atau Rontgen, ultrasonografi, atau untuk rekam listrik jantung menggunakan EKG (elektrokardiogram), tanpa pembiusan, seorang dokter saat ini bisa melihat bagian dalam dari hewan,” ujarnya.

Ia menjelaskan hasil citra gambar yang diperoleh perlu diinterpretasikan untuk menentukan diagnosis. “Untuk menginterpretasikan hasilnya diperlukan pengalaman dan ketelitian, maka jasa profesional dibutuhkan karena hasil pembacaan gambar tersebut akan menentukan diagnosis penyakit. Seorang dokter harus berhati-hati saat menentukan diagnosis penyakit tersebut,” ungkapnya.

Lewat layanan DIC, jarak dan waktu dapat dipersingkat. Klinik atau tempat praktik yang berada di luar Jakarta atau Pulau Jawa dapat mengirimkan gambar-gambar citranya untuk diinterpretasi melalui platform ini.

“Siapa saja dapat mengakses layanan ini? Dokter-dokter hewan yang ada di RSHP FKH IPB University akan melakukan pembacaan gambar di tempat masing-masing, di rumah atau di Rumah Sakit Hewan. Klien kita dalam hal ini adalah klinik-klinik yang ada di seluruh Indonesia dimana mereka dapat mengirimkan gambarnya kepada RSHP FKH IPB University. Saat ini sebagian besar cara pengirimannya masih melalui email,” tuturnya.

Jika gambar dikirim sebelum jam 12 siang, maka hasilnya akan dikirimkan kembali pada hari itu juga. Hasil interpretasi gambar dituliskan dalam bentuk dokumen resmi.

“Di sana ada tanda tangan yang menginterpretasikan dan ada quality assurance yang menjamin bahwa semua gambar yang diinterpretasikan itu seakurat mungkin,” jelasnya.

DIC RSHP menjadi wujud inovasi yang dilakukan FKH IPB University sebagai bagian dari kampus yang memiliki motto inspiring innovation with integrity.

Prof Deni menyampaikan bahwa hal ini akan mengangkat kepakaran dokter-dokter konsultan yang ada di RSHP untuk dapat berkontribusi lebih besar terhadap ilmu kedokteran hewan khususnya di bidang klinik.

Untuk menggunakan jasa DIC, konsumen dapat mengirimkan citra gambarnya melalui email dicrshpfkhipb@gmail.com. Untuk info lengkap dapat menghubungi  +62 811-1191-333 atau akun Instagram RSHP FKH IPB University. Biaya jasa layanan ini juga bervariasi mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 600 ribu. Hasil pembacaan akan dikembalikan paling lambat satu hari. (IR/Zul)

Sumber :

https://ipb.ac.id/news/index/2021/02/telemedicine-hewan-pertama-di-indonesia-layanan-diagnostic-imaging-center-rshp-fkh-ipb-university/a84324b2620e1d7d2ee75d4e642a8f02

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]